Bintang 2 Milik Ferdy Sambo Harus Dilepas, Kabarnya Presiden Jokowi Sudah Teken Keppres Pemecatan

Kabarnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meneken Keppres pemecatan Ferdy Sambo dari institusi kepolisian.

Masnurdiansyah
Jum'at, 30 September 2022 | 13:51 WIB
Bintang 2 Milik Ferdy Sambo Harus Dilepas, Kabarnya Presiden Jokowi Sudah Teken Keppres Pemecatan
Presiden Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas soal Kebijakan Visa On Arrival di Istana Kepresidenan (Foto Ilustrasi- Suara.com / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

SuaraCianjur.id- Keputusan Presiden (Keppres) soal pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) terhadap mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo katanya sudah di teken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ferdy Sambo telah dipecat dari institusi kepolisian usai menjalani sidang kode etik terkait pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

Setelah diteken Presiden Jokowi, pangkat terakhir sebagai Inspektur Jenderal Polisi atau Irjen Pol milik Ferdy Sambo harus dilepas.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Laksamana Muda TNI Hersan. Dirinya mengatakan jika Keppres telah ditandatangani Presiden Jokowi. Salinannya telah dikirim ke bagian SDM Polri.

Baca Juga:Tujuan Ratusan Warga Cianjur Ikuti Seleksi Panwascam untuk Pemilu 2024, Ini Kata Bawaslu

"Sudah ditandatangani dan sudah dikirim ke ASDM Polri," kata Hersan kepada wartawan, Jumat (30/9/2022), mengutip dari Suara.com.

Sementara itu, menurut Sekretaris Kabinet (Setkab) Pramono Anung sebelumnya, juga telah mengatakan kalau berkas PTDH milik Ferdy Sambo sudah diterima oleh pihak Istana Negara dan diproses.

"Ya tunggu saja, pokoknya sudah sampai,”  terang Pramono, Kamis (29/9) kemarin.

Setelah Keppres terbit, maka akan diserahkan kepada Ferdy Sambo. Selanjutnya proses administrasi dilakukan oleh divisi dari Sumber Daya Manusia (SDM) Polri.

Mekanisme ini sudah diatur melalui Keppres Nomor 70 Tahun 2002 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca Juga:Faktor Penyebab Timnas Indonesia Dibantai Habis Malaysia Diungkap PSSI

Seperti yang diketahui, Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Bandung telah memberikan keputusan untuk menolak upaya bandung yang dilakukan oleh Ferdy Sambo.

Dalam sidang bandung tersebut, menyatakan akan tetap memecat Ferdy Sambo dari Polri. Dirinya dinyatakan telah melakukan pelanggaran etik berat yakni pembunuhan berencana dan tersandung kasus obstruction of justice atau menghalangi penyidikan dalam kasus kematian Brigadir J.

Pihak dari Mabes Polri juga turut memastikan tidak ada upacara resmi pemecatan Sambo dari kepolisian, cukup dilakukan secara administrasi saja.

Tak hanya itu, Ferdy Sambo juga dikabarkan berencana untuk menggugat Polri ke Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Rencana kabar tersebut, mendapatkan tanggapan dari Polri. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, menyatakan jika hal tersebut merupakan hak yang dimiliki Ferdy Sambo.

"PTUN itu hak yang bersangkutan. Secara substansi di Polri, keputusan PTDH itu bersifat final dan mengikat," jelas Irjen Pol Dedi di Jakarta, Jumat (23/9) lalu.

Keputusan dari sidang bandung bersifat mengikat dan final, sehingga tidak ada lagi upaya hukum yang bisa ditempuh oleh Ferdy Sambo utnuk merubah keputusan dirinya soal pemecatan dari Polri.

"Sudah tidak ada upaya hukum lagi di Polri, kalau misalnya dia mengajukan gugatan itu haknya mereka. Silakan saja tidak masalah," jelasnya.

"Substansi kita tetap, sesuai arahan Pak Kapolri untuk proses persidangan bersifat kolektif kolegial keputusannya adalah PTDH," sambungnya.

Diwartakan sebelumnya, kuasa hukum keluarga Ferdy Sambo, Arman Hanis menuturkan, dia akan menyiapkan langkah hukum setelah pengajuan banding kliennya dalam sidang banding ditolak.

Sidang banding Ferdy Sambo atas putusan pemberhentian tidak dengan hormat ditolak oleh majelis sidang kode etik dan profesi Polri (KKEP), Senin (19/9/2022).

"Setelah itu baru kami akan melakukan langkah hukum yang diatur dalam perundang-undangan," kata Arman.

"Abis dari SDM nanti ditujukan ke Setneg. Setneg langsung dapat Keppresnya dan kita serahkan ke pelanggarnya," kata dia.

Berita

Terkini

Ryan Kurnia merasa masih kesulitan mengikuti metode latihan yang diberikan oleh Luis Milla. Meski demikian dirinya tetap merasa bersyukur. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 20:11 WIB

Dalam peringkat klub terbaik, Persib Bandung dan Persija Jakarta ternyata lebih baik dari klub Lionel Messi saat ini, Inter Miami. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 19:40 WIB

Olivia Sumargo berikan izin Denny Sumargo untuk berpoligami asalkan....

Hiburan | 19:33 WIB

Erick Thohir jadikan Bhayangkara FC tempat untuk pemain muda. Netizen menilai harusnya buat liga usia muda. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 18:33 WIB

Video unik rombongan bule naik angkot dan mencari tempat surfing viral di media sosial. Vibes angkot berubah jadi surfer van yang estetik. Warganet memberikan komentar seru: "Beda vibes-nya! Seperti mau nguli ngecor" dan "Angkot jadi campervan keren kalo bule yang bawa."

Hiburan | 18:31 WIB

Jurnalis Piers Morgan menilai bahwa Lionel Messi sudah berhenti dari dunia sepak bola. Apa maksudnya? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 17:28 WIB

Pelatih Shin Tae Yong soroti para pemain yang masih belum bergabung pemusatan latihan timnas. Dirinya merasa tidak nyaman terhadap kondisi tersebut. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 13:08 WIB

Pemain naturalisasi, Rafael Struick mengeluhkan kondisi cuaca yang sangat panas. Meski demikian, dirinya akan tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 12:54 WIB

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong siapkan porsi latihan untuk tingkatkan otot dan penguatan fisik jelang FIFA Matchday. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 11:29 WIB

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir resmikan kerja sama dengan Bundesliga. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 11:01 WIB

Kongres pertama Majelis Amanah Persatuan Kaum Betaw atau MAPKB ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono secara virtual.

Metropolitan | 21:13 WIB

Polda Metro Jaya telah menetapkan kakak beradik kembar Rihana dan Rihani sebagai tersangka dalam kasus penipuan modus iPhone murah.

Metropolitan | 20:21 WIB

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan, pihaknya berwenang mendengar keterangan soal dugaan tersebut karena Ancol merupakan mitra Komisi B yang mengawasi BUMD.

Metropolitan | 19:27 WIB

Seorang pengamen berinisial D (23) ditusuk hingga tewas oleh seorang prajurit TNI.

Metropolitan | 16:00 WIB

"Bukan dibakar. Itu hasil penyelidikan sementara, diduga ada upaya bunuh diri."

Metropolitan | 15:33 WIB

Jennifer Dunn diduga melakukan diet dengan cara mengecilkan volume dan ukuran lambung.

Gosip | 21:18 WIB

Inara Rusli mengaku sudah terjun ke dunia entertainment sejak usianya masih 11 tahun.

Gosip | 20:45 WIB

Nikita Mirzani diduga curhat saat menyanyikan lagu "Sial" milik Mahalini.

Gosip | 20:30 WIB

Yuki Kato jadi groomsmen dipernikahan sahabatnya.

Gosip | 20:18 WIB

Kategori ini tampaknya didedikasikan untuk artis-artis yang urusan asmaranya sukses menghebohkan publik.

Gosip | 20:16 WIB
Tampilkan lebih banyak