Kenapa Kulit Wajah Berminyak dan Lembab Sering Timbul Jerawat? Ternyata Ini Penyebabnya

Ada beberapa faktor dan penyebab kenapa kulit wajah selalu menimbulkan jerawat. Bahkan jerawat kerap muncul pada bagian kulit yang berminyak dan lembab.

Tiara Setiawan
Selasa, 04 Oktober 2022 | 15:07 WIB
Kenapa Kulit Wajah Berminyak dan Lembab Sering Timbul Jerawat? Ternyata Ini Penyebabnya
Ilustrasi kulit wajah berjerawat - Mengatasi Jerawat Meradang. (Freepik) (Foto Ilustrasi / Freepic)

SuaraCianjur.id- Perlu diketahui jika jamur dan bakteri juga bisa bersarang di bagian kulit wajah. Kalau susunan mikrobioma tidak seimbang, maka bisa memicu masalah pada kulit wajah seperti jerawat, komedo, dan bruntusan.

"Kulit itu kaya universe, jadi dia sebenarnya tidak steril. Walaupun kita cuci tangan kemudian kasih hand sanitizer ternyata gak lama lagi akan ada mikroba lagi, gak bisa 100 persen bersih karena mikroba terus memperbaiki diri. Tantangannya gimana mikroba dalam tubuh itu seimbang, yang baik tetap ada dan jahat tidak jadi ancaman," kata Spesialis Kulit dr. SK Sulistyaningrum.

Dirinya mengatakan kulit wajah yang berminyak bisa menjadi pertanda adanya jamur.

"Rata-rata orang yang berminyak biasanya jamurnya tinggi. Karena jamur itu sukanya makan yang oily, jadi kalau seseorang suka pijat cenderung panuan. Panu itu bukan sesuatu yang menular dari orang lain, tapi itu sebetulnya jamur di kita tumbuh berlebihan. Karena kulitnya sering oily, waktunya dibersihkan dia nggak cepet-cepet dikeringkan keburu overgrowth jamurnya," bebernya.

Baca Juga:Lirik Lagu Kejora Lesti - Lesti Kejora

Tapi jangan salah, orang yang memiliki kulit normal bisa saja memiliki bakteri di wajah. Hanya saja komposisinya seimbang antara bakteri baik dan bakteri jahat.

"Yang jadi masalah kalau bakteri yang jenisnya patogen berlebihan, jadi bisa bikin infeksi jerawat," terang Ningrum.

Ningrum melanjutkan, kalau jamur dan bakteri di wajah itu tidak bisa sepenuhnya dihilangkan dari kulit, karena mikrobioma disebut bisa melindungi kulit.

Tapi komposisi mikrokimia tersebut bisa terganggu oleh faktor gaya hidup ataupun faktor eksternal yang ada di luar tubuh.

"Mikrobioma sangat berpengaruh terhadap hal-hal yang sifatnya merusak kulit. Baik eksposure ultraviolet, temperatur suhu berubah, kelembaban berubah. Itu semua bisa mengubah keseimbangan kulit. Hal di luar dan di dalam bisa sangat berpengaruh," kata dia.

Baca Juga:Kemungkinan TGIPF Bisa Temukan Pelaku Pidana Lain Dibalik Layar Tragedi Maut Kanjuruhan

Kulit yang lembab dan berminyak pada wajah, dada dan punggung bisa dominan mengandung bakteri dan paling sering mengalami jerawat.

"Tiap orang punya tiga kategori kulit, ada bagian yang kering seperti telapak tangan, area lengan bawah. Ada area sifatnya lembab seperti, lipat siku dan punggung. Juga berminyak seperti wajah, punggung, dada tengah yang memang jadi lokasi tersering mengalami jerawat," terang dokter Ningrum.

Gaya Hidup

Terkini

Netizen kembali ramai membahas isu perselingkuhan Raffi Ahmad dengan Mimi Bayuh yang tidak lain adalah asisten keuangannya. Isu tersebut berkembang setelah Raffi Ahmad dikabarkan tengah merayakan hari ulang tahun Mimi Bayuh di Bali.

Berita | 19:22 WIB

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan agar mencermati sumber yang benar.

Berita | 18:50 WIB

Bela Arawinda Kirana, Jefri Nichol sampai adu argumen dengan warganet dengan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas.

Berita | 18:42 WIB

Isu perselingkuhan Raffi Ahmad dengan Mimi Bayuh kembali menjadi perbincangan publik di media sosial. Beginilah keterangan yang disampaikan oleh asisten pribadi Raffi Ahmad.

Berita | 18:09 WIB

Denise Chariesta mengaku berat jodoh setelah ebrkoar-koar menjadi selingkuhan RD. Ia sampai melukat menggunakan 570 air suci untuk bersihkan dosanya.

Berita | 16:30 WIB

Ada tiga kategori yang masuk Kawasan Rawan Bencana, jika terjadi erupsi di Gunung Semeru. Diantaranya Kawasan Rawan Bencana III, Kawasan Rawan Bencana II, dan Kawasan Rawan Bencana I.

Berita | 16:26 WIB

Pasangan Ratu Rizky Nabila dan Ibrahim Alhami memutuskan untuk berpisah setelah dua hari melangsungkan pernikahan. Sementara Denise Chariesta unggah foto sensasionalnya di media sosial saat dirinya melakukan prosesi melukat.

Berita | 15:59 WIB

Kedua eks Menteri tersebut saling menanyakan kebenaran 100 pulau di Maluku yang berencana akan dilelang pihak swasta.

Berita | 14:53 WIB

Ratu Rizky Nabila resmi bercerai dari Ibrahim Alhami setelah 3 hari menikah, selain mengaku mencintai pria lain, sang artis turut membongkar sifat asli Ibrahim Alhami.

Berita | 14:24 WIB

Dalam video unggahannya disebutkan jika muntahan awas panas Gunung Semeru telah sampai di permukiman warga.

Berita | 14:14 WIB

"...Mohon maaf, mungkin jabatan parkir saja lah gitu ya."

Metropolitan | 19:23 WIB

"Ada seseorang yang akan mengusir monyet dengan menggunakan galah, namun tidak disengaja galah tersebut mengenai sarang lebah..."

Metropolitan | 18:56 WIB

Ia menilai tugas Heru saat ini terlalu banyak dan akan sulit diselesaikan sendiri.

Metropolitan | 17:20 WIB

"Nahas seorang tukang parkir yang dikabarkan memunyai penyakit stroke tidak bisa lari ikut nyebur ke danau dan menyelamatkan diri."

Metropolitan | 16:26 WIB

"Jadi kami imbau dengan kondisi cuaca atau pun alam yang tidak bersahabat selalu melihat informasi dari BMKG dan informasi cuaca lainnya."

Metropolitan | 14:28 WIB

Ratu Rizky Nabila baru menikah selama dua hari dengan Ibrahim Alhami sebelum akhirnya cerai.

Gosip | 20:45 WIB

Kaesang Pangarep ternyata belum mau meninggalkan pekerjaan meski pernikahan dengan Erina Gudono tinggal hitungan hari.

Gosip | 20:17 WIB

Suami Ayu Dewi diduga sebagai pria yang selama ini dibahas Denise Chariestan dan pernah punya hubungan dengannya.

Gosip | 19:52 WIB

Uya Kuya berpesan kepada Denise Chariesta untuk menjalani kehidupan yang baik, bukan mengumbar aib orang lain.

Gosip | 19:35 WIB

Brie putri Acha Septriasa siap-siap jadi kakak nih!

Gosip | 19:25 WIB
Tampilkan lebih banyak