Scroll untuk membaca artikel
Sabtu, 03 Desember 2022 | 20:26 WIB

Gempa Garut Sebabkan Enam Bangunan Rusak dan Satu Orang Terluka

Yudistira
Gempa Garut Sebabkan Enam Bangunan Rusak dan Satu Orang Terluka
Gempa di Garut

SuaraCianjur.id - Data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar menyebutkan ada kerusakan yang disebakan gempa bumi yang terjadi di Garut.

“Data sementara, terdapat kerusakan di lima desa yang berada di tiga kecamatan,” kata Pusdalops BPBD Jabar, Hadi, Sabtu (3/12/2022).

Ia menyebutkan dampak kerusakab berupa terdapat enam bangunan yang rusak.

“Enam bangunan yang rusak. Lima diantaranya rumah warga dan satu bangunan fasilitas pendidikan,” katanya.

Baca Juga:5 Game yang Support dengan Aplikasi Speeder

Tak hanya itu, terdapat satu orang korban dalam bencana gempa bumi yang terjadi di Garut.

“Satu orang mengalami luka-luka,” katanya.

Wilayah selatan Garut, Jawa Barat diguncang gempa tektonik, pada Sabtu (3/12/2022). 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,44° LS ; 107,51° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Mekarmukti, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 109 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia ( intraslab ). 

Baca Juga:4 Dewa Mitologi Yunani Paling Populer dan Istimewa, Siapa Sajakah Mereka?

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( strike-slip ),” terang Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Adapun dampak gempa bumi ini, dirasakan di daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI ( bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Soreang, Kopo, Kalapanunggal, Sumur, Ciamis, Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Sumedang, Lembang, Pamoyanan, Panimbang,  Cikeusik, Labuan, Purworejo, Bantul, Kulonprogo dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ), Cikembar, Cugenang, Palabuhan Ratu, Bandung, Bogor, Cilacap, Sawarna, Cireunghas, Bojong, Yogyakarta, Wonosobo, Karangkates, Trenggalek dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). 

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Berita

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda