Scroll untuk membaca artikel
Minggu, 04 Desember 2022 | 11:01 WIB

Nasabah Pinjol Empat Aplikasi Ini Bisa Tidur Tenang Kantornya Habis Digerebek Polisi, Ini Daftar Aplikasinya

Yudistira
Nasabah Pinjol Empat Aplikasi Ini Bisa Tidur Tenang Kantornya Habis Digerebek Polisi, Ini Daftar Aplikasinya
Ilustrasi pinjol. (ANTARA)

SuaraCianjur.id - Polda Metro Jaya kembali menggerebek bangunan yang dijadikan kantor pinjaman online (pinjol) yang menaungi empat aplikasi.

Kantor tersebut diketahui mengoperasikan empat aplikasi pinjol ang diantaranya PinjamanNow, AkuKaya, KamiKaya dan EasyGo.

“(Aplikasi) Tidak memiliki izin dari OJK (Otoristas Jasa Keuangan),” ungkap Dirrkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis, seperti yang dikutip dari suara.com, pada Minggu (4/12/2022).

Kantor itu sendiri diketahui berada di di Manado, Sulawesi Utara. Kantor pinjol tersebut digerebek polisi pada 29 November 2022.

Baca Juga:Link Live Streaming Inggris vs Senegal di 16 Besar Piala Dunia 2022

Dalam penggerebekan kantor pinjol tersebut, terdapat puluhan pegawai di kantor tersebut. Polisi pun menetapkan dua orang tersangka dalam penggerebekan kantor pinjol itu.

Keduanya berinisial G dan A. Tersangka G diketahui sebagai pimpinan kantor pinjol tersebut. Sementara A merupakan debt collector.

“Kegiatan pinjol illegal ini sudah berjalan kurang lebih selama satu tahun dengan uang nasabah dan perputaran uang diperkirakan senilai miliaran rupiah setiap bulannya," ungkap Aulia.

Kedua tersangka dalam perkara ini dijerat dengan Pasal 30 Juncto Pasal 46 dan atau Pasal 32 Juncto Pasal 48 dan atau Pasal 29 Juncto Pasal 45B dan atau Pasal 27 Ayat (4) Juncto Pasal 45 Ayat (4) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.

Mereka juga dijerat dengan Pasal 65 Ayat (1) dan Ayat (2) Juncto Pasal 115 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun pejabat dan denda Rp12 miliar. (*)

Baca Juga:Gempa Cianjur Magnitudo 4,2 Minggu Dini Hari, Ada Suara Gemuruh


Sumber : Suara.com

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Berita

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda