Detik Terakhir Pencarian Sisa Korban Longsor Gempa Cianjur Terus Dilakukan, Korban Tewas Tembus 600 Jiwa

Upaya pencarian korban yang tertimbun longsor dampak dari gempa CIanjur masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Masnurdiansyah
Selasa, 20 Desember 2022 | 17:36 WIB
Detik Terakhir Pencarian Sisa Korban Longsor Gempa Cianjur Terus Dilakukan, Korban Tewas Tembus 600 Jiwa
Pencarian korban Gempa Cianjur yang masih terus dilakukan, terkini sebanyak 8 orang masih dinyatakan hilang. (Foto: Humas Polda Jawa Barat)

SuaraCianjur.id- Korban jiwa meninggal dunia dari tragedi gempa Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo menjadi 635 orang.

Gempa bumi yang tejadi pada hari Senin (21/11) lalu menelan banyak korban jiwa dan menghancurkan banyak bangunan, termasuk rumah warga.

Sebanyak 635 orang yang meninggal dunia tercatat dalam data versi Pemerintah Kabupaten Cianjur di hari Selasa (20/12/2022).

Tim SAR sampai saat ini sudah menemukan tiga jenazah korban yang tertimbun longsor, dampak dari guncangan gempa Cianjur.

Baca Juga:Brigadir J Tewas Dihujam Peluru Gara-gara Informasi Salah dari Putri Candrawathi ke Ferdy Sambo?

Menurut Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan terkait dengan pencarian hari terakhir terhadap korban yang hilang tertimbun longsor dimaksimalkan kembali, meskipun setiap waktu sore lokasi kerap diguyur hujan.

Hal ini menurut Herman menjadi salah satu penyebab sulitnya para tim SAR gabungan, dalam melakukan penyisiran dan pencarian korban.

"Sampai hari terakhir upaya pencarian lebih dimaksimalkan, meski hujan sempat turun, tidak menyurutkan niat tim SAR gabungan untuk melakukan berbagai upaya pencarian," ungkap Herman, Selasa (20/12/2022).

Hingga Selasa petang pencarian masih dilakukan, dan diharapkan korban yang masih hilang sebanyak lima orang bisa ditemukan.

Beberapa alat berat juga masih diturunkan untuk mengupayakan pencarian terhadap korban yang hilang.

Baca Juga:Denise Chariesta Tanggung Akibat Jadi Pelakor Bikin Buntung Ratusan Juta, Keluarga Malu Akibat Ulahnya

"Kami upayakan lima orang korban lainnya dapat ditemukan hari ini. Karena tanggap darurat berakhir Selasa tengah malam nanti, hingga pencarian korban dihentikan. Namun pengawasan dan upaya lain akan tetap dilakukan," jelas Herman.

Alatberat ditambahkan untuk membantu dan menuntaskan pencarian terhadap korban yang masih hilang, akibat tertimbun longsor di Sate Sinta-Cijedil dan Jalan Mangunkerta, Kecamatan Cugenang.

Pencarian masih dilakukan di bawha pengawasan tim SAR gabungan, yang terdiri dari yang TNI/Polri, Basarnas, SAR Bandung, relawan kemanusiaan dari berbagai organisasi serta dinas terkait untuk pengadaan alat berat. (*)

Sumber: Suara.com/ Antara

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Berita

Terkini

Tampilkan lebih banyak