Scroll untuk membaca artikel
Selasa, 24 Januari 2023 | 19:02 WIB

Kartu Putih Pertama Dikeluarkan Oleh Wasit Liga Portugal, Apa Artinya ?

Hagi Lukasyah
Kartu Putih Pertama Dikeluarkan Oleh Wasit Liga Portugal, Apa Artinya ?
Wasil mengeluarkan Kartu Putih (twitter/regista)

SuaraCianjur.idKartu putih pertama dalam sepak bola dikeluarkan pertama kali pada laga Women’s Cup Portugal antara Benfica melawan Sporting CP pada hari, Sabtu (21/1/2023). Kartu ini dikeluarkan oleh wasit Catarina Campos untuk tim medis dalam pertandingan.

Namun, adakah yang tahu apa maksud dari kartu putih ini?

Yap, kartu putih bukanlah hal yang lumrah dalam dunia sepak bola. Umumnya, dalam sepak bola kartu yang dikeluarkan adalah kartu kuning sebagai tanda peringatan terhadap pemain yang melakukan pelanggaran, juga kartu merah sebagai tanda bahwa pemain tersebut melakukan pelanggaran keras dan harus keluar dari pertandingan.

Untuk kartu putih itu sendiri adalah ganjaran bagi pemain atau tim yang melakukan tindakan sportif atau fair play. Adapun adanya kartu putih merupakan inisiatif dari Lembaga Etika Olahraga Nasional yang kemudian diadopsi  ke dalam dunia sepak bola oleh Federasi Sepak Bola Portugas (FPF) sejak musim 2021/2022.

Baca Juga:Setelah Keluar dari PSI, Michael Sianipar Resmi Gabung ke Perindo

Hanya saja, penggunaan kartu putih ini  masih dalam wilayah kendali sepak bola Portugal, belum sampai sepak bola dunia. Pasalnya, dalam Laws of The Game FIFA, belum ada aturan terkait dengan penggunaan kartu putih.

Meski demikian, mantan Presiden UEFA, Michel Platini, pernah mengusulkan penggunaan kartu putih, tapi bukan untuk tindakan fair play, melainkan untuk pemain yang melakukan protes berlebihan. (*)

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Olahraga

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda