Calon Ketua PSSI, Erick Thohir Soroti Kualitas Wasit di Indonesia

VAR adalah salah satu solusi dalam memperbaiki kinerja wasit di Indonesia.

Hagi Lukasyah
Jum'at, 03 Februari 2023 | 14:51 WIB
Calon Ketua PSSI, Erick Thohir Soroti Kualitas Wasit di Indonesia
Calon Ketua PSSI, Erick Thohir (Suara.com)

SuaraCianjur.id – Menteri BUMN sekaligus salah satu calon kuat Ketua PSSI, Erick Thohir, monyoroti buruknya kinerja wasit baik di liga 1, liga 2, sampai liga 3.

Menurut Erick, wasit Indonesia harus didorong dengan keberadaan teknologi seperti asisten video wasit, atau VAR.

"Makanya kita jangan salahin siapa-siapa, jangan salahin wasit. Kita nanti akan implementasikan dengan VAR, seperti Piala Dunia, mengurangi tuduhan curang terhadap wasit," ucap Erick kepada awak media.

Penggunaan VAR disepakbola Indonesia akan menjadi salah satu program yang akan dilaksanakan ketika dirinya menjadi Ketua PSSI. Namun, dirinya pun tidak menampik bahwa dalam menjalankannya membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Baca Juga:Kaesang Siap Terjun Ke Dunia Politik, Inikah Awal Dinasti Politik Jokowi ?

"Melakukan perbaikan sepa bola perlu dukungan suporter. Gimana supaya suporter mendukung? Ya kita harus dengar mereka dulu. Sama, keluhan Asprov juga mesti kita dengar. Klub-klub juga sama. Mereka sudah spend uang, taunya lagi main di ujung depan kena penalti, kan rugi," lanjut Erick

Dalam penggunaan teknologi di dunia sepakbola, Indonesia kalah selangkah oleh Malaysia. Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) sudah memutuskan untuk menggunakan VAR di dua kompetisinya. Bahkan pada akhir 2022 lalu, Malaysia sudah melakukan uji coba penggunaan VAR. (*)

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Olahraga

Terkini

Tampilkan lebih banyak