Rafael Alun Trisambodo Dipecat Sri Mulyani dari ASN, Ada Kemungkinan Jadi Tersangka?

Kabar menyebutkan kalau Menteri Keuangan Sri Mulyani memecat Rafael Alun Trisambodo sebagai ASN. Pengamat menilai ada sebuah kemungkinan kalau Rafael menjadi tersangka dalam perkara yang meliputinya sekarang.

Masnurdiansyah
Rabu, 08 Maret 2023 | 06:38 WIB
Rafael Alun Trisambodo Dipecat Sri Mulyani dari ASN, Ada Kemungkinan Jadi Tersangka?
Rafael Alun Trisambodo kabarnya dipecat oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Rafael dipecat dari ASN usai dilakukan pendalaman oleh pihak Kemenkeu. Rafae dinilai sulit lolos saat ini. (Foto: Twitter - seringsendirian)

SuaraCianjur.id- Ada kabar kalau Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati akan memecat mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bernama Rafael Alun Trisambodo.

Kabarnya Rafael akan dipecat dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahkan disebutkan juga kalau ayah dari Mario Dandy ini sudah melakukan pelanggaran displin yang berat.

Adanya kabar tersebut, menurut Direktur Eksekutif Segara Institute, Piter Abdullah, rencana pemecatan terhadap Rafael Alun bisa diibaratkan sinyal untuk menjadi menjadi tersangka.  

Hal ini juga mengingat kepada sejumlah bukti-bukti, terkait dengan kasus yang menimpanya yang mulai terkumpul satu persatu.

Baca Juga:Perkembangan Kasus Rafael Alun Trisambodo: PPATK Blokir 40 Rekening Senilai Rp500 Miliar, Konsultan Pajak Diduga Kabur ke Luar Negeri

"RAT sulit untuk lolos, karena semua mata sudah tertuju kepadanya. Bukti-bukti yang dikumpulkan sudah cukup banyak," ucap Piter seperti saat dihubungi Suara.com, Rabu (8/3/2023).

Piter juga mengatakan, jika melihat kepada bukti-bukti yang sudah ada saat ini, bisa saja membawa Rafael Alun menjadi tersangka.

"Ada keyakinan yang bersangkutan melakukan pelanggaran. Menkeu memang bisa memberhentikan pegawainya," kata dia.

Namun bagusnya kata Piter, rencana pemecatan terhadap Rafel Alun menunggu dulu hasil keputusan dari pengadilan. Karena mengingat kalau status Rafael Alun, masih dalam tahap penyidikan.

"Tapi kondisi yang sekarang ini memang sulit, masyarakat membutuhkan langkah cepat dari pemerintah," jelas Piter.

Baca Juga:Rafael Alun Trisambodo Makin Keringat Dingin! KPK Naikan Status ke Penyelidikan, Ada Dugaan Pencucian Uang?

Sebagai informasi, Sri Mulyani memutuskan untuk memecat Rafael Alun Trisambodo sebagai ASN.

Mobil Jeep Rubicon yang dikendarai oleh Mario Dandy anak Rafael Alun Trisambodo membuat KPK berpikir kalau itu perilaku Nomine. [Foto: Suara.com - Alfian Winanto]
Mobil Jeep Rubicon yang dikendarai oleh Mario Dandy anak Rafael Alun Trisambodo membuat KPK berpikir kalau itu perilaku Nomine. (sumber: Foto: Suara.com - Alfian Winanto)

Dikatakan oleh Insepektur Jenderal (Itjen) Kemenkeu, Awan Nurmawan Nuh, alasan soal pemecatan terhadap Rafael karena sudah melakukan pelanggaran disiplin berat. Hal ini dilakukan ketika pihaknya sudah emlakukan investigasi secara mendalam, terhadap harta kekayaan Rafael.

"Audit investigasi sudah Itjen selesaikan dan rekomendasi dipecat. Terbukti pelanggaran disiplin berat. setuju dipecat," ucap Awan diktuip dari Suara.com.

Tak dijelaskan secara rinci soal pelanggaran displin berat yang sudah dilakukan Rafael yang memiliki harta kekayaan Rp 56 miliar. (*)

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Berita

Terkini

Tampilkan lebih banyak