Scroll untuk membaca artikel
Kamis, 16 Maret 2023 | 13:44 WIB

Fakta Unik Tentang Kelebihan dari Seorang Introvert

Ananda Saputra
Fakta Unik Tentang Kelebihan dari Seorang Introvert
Ilustrasi seseorang yang introvert, namun sifat tersebut ternyata memiliki kelebihan. (Tangkapan Layar Freepik)

SuaraCianjur.Id- Sifat introvert sering dianggap sebagai sifat yang tidak diinginkan dan kurang produktif. 

Namun, tahukah Anda bahwa keberadaan orang-orang introvert dapat memberikan dampak positif pada kesehatan mental?

Banyak penelitian dan studi mengungkapkan bahwa introvert dapat memiliki kemampuan untuk mengelola stres dan menciptakan ruang yang aman untuk diri mereka sendiri, sehingga dapat berkontribusi pada kesehatan mental yang lebih baik.

Menurut buku "Quiet: The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking" karya Susan Cain, introvert memiliki kecenderungan untuk lebih memperhatikan pikiran dan perasaan mereka sendiri, sehingga mereka lebih dapat mengevaluasi keadaan diri dan memikirkan solusi terbaik.

Baca Juga:Disebut Jokowi Ganggu Industri Tekstil Dalam Negeri, Ini Bahaya Pakaian Bekas Impor

Hal ini berbeda dengan ekstrovert yang cenderung lebih fokus pada lingkungan luar mereka.

Cain juga mengungkapkan bahwa introvert sering kali mengalami kesehatan mental yang lebih baik ketika mereka memiliki waktu sendiri untuk beristirahat dan memproses perasaan mereka.

Berdasarkan jurnal Personality and Individual Differences, introvert memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengatur emosi mereka, dan juga lebih sensitif terhadap sinyal stres.

Sehingga, kemampuan ini dapat membantu mereka untuk merespons stres yang lebih baik dan membuat keputusan yang lebih baik.

Namun, meskipun introvert memiliki kelebihan dalam mengatur emosi, hal ini tidak berarti mereka tidak membutuhkan dukungan sosial. 

Baca Juga:Iis Dahlia Asyik Joget Hingga Tali Baju Melorot, Netizen Beristighfar: Kurangi Tubuh Seksimu

Dalam jurnal Social Cognitive and Affective Neuroscience, penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang diterima oleh individu introvert dapat memberikan dampak yang positif pada kesehatan mental mereka.

Ahli psikologi klinis, Laurie Helgoe, PhD, mengatakan dalam bukunya "Introvert Power: Why Your Inner Life Is Your Hidden Strength", bahwa kemampuan untuk mengekspresikan perasaan secara tertulis, seperti dalam jurnal, dapat membantu individu introvert untuk memproses emosi mereka.

Helgoe juga menekankan pentingnya untuk memperhatikan batas waktu dalam interaksi sosial untuk menghindari kelelahan sosial.

Kesimpulannya, introvert memiliki banyak kelebihan dalam mengelola stres dan emosi, serta memberikan kontribusi positif pada iklim sosial di lingkungan kerja.

Namun, penting untuk diingat bahwa individu introvert tetap membutuhkan dukungan sosial dan memerhatikan batas waktu dalam interaksi sosial agar tidak mengalami kelelahan sosial. (*)

(*/Haekal)

Sumber: Instagram Daud Antonius, dan beberapa jurnal

Cain, S. (2012). Quiet: The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking. Crown Publishers

Zelenski, J. M., & Whelan, D. C. (2011). On the psychology of boredom: Boredom proneness, the need for stimulation, and the perceived challenge of the task. Personality and Individual Differences, 50(5), 569-573.

Lee, J. H., & Rhee, Y. S. (2017). The effects of social support on mental health in individuals with introverted personality traits. Social cognitive and affective neuroscience, 12(8), 1295-1304.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Gaya Hidup

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda