Tak Ada Diversi untuk Agnes Garcia di Kasus Penganiayaan David Ozora, Pintu Sudah Tertutup Rapat!

Kejari Jaksel secara tegas mengatakan tidak ada diversi terhadap Agnes Garcia dalam kasus yang menjeratnya.

Masnurdiansyah
Rabu, 22 Maret 2023 | 11:39 WIB
Tak Ada Diversi untuk Agnes Garcia di Kasus Penganiayaan David Ozora, Pintu Sudah Tertutup Rapat!
kejari Jaksel secara tegas mengatakan tidak ada diversi bagi Agnes garcia dalam kasus penganiayaan terhadap David Ozora. Hal ini merujuk kepada pihak korban yang menolak akan hal itu. (Media Sosial Twitter.)

SuaraCianjur.id- Dalam kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy terhadap David Ozora, turut menyeret nama Shane Lukas juga kekasihnya Agnes Garcia.

Dalam hal itu, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) secara tegas memastikan tidak ada langkah diversi terhadap pelaku anak Agnes Garcia, dalam kasus penganiayaan berat yang menimpa David.  

Menurut Kepala Kejari Jaksel, Syarief Sulaeman Ahdi, tidak bisa diterapkan langkah diversi kepada Agnes Garcia. Hal ini mengingat pihak dari David Ozora yang menolak untuk hal tersebut.

"Jadi memang Undang-Undang Peradilan Anak ini, ada langkah diversi. Tapi dalam hal ini, korban sudah memberikan surat yang menyatakan menolak penyelesaian perkara anak diluar proses pengadilan atau diversi," ucap Syarief kepada media di Jakarta, Selasa (21/3/2023) kemarin.

Baca Juga:Mario Dandy Dilaporkan Lagi Sama APA ke Polisi Tak Terima Dituduh Jadi Pembisik, Pacar Agnes Garcia Bohong Lagi?

Sehingga dengan adanya penolakan dari pihak korban, langkah diversi sudah tertutup.

"Sehingga sudah tertutup. Maka sudah melalui proses hukum dan ada surat resmi, sehingga sudah tertutup, sudah tidak ada lagi. Kita sudah melalui proses itu. Jadi sudah ada surat resmi, sehingga sudah kita lalui. Itu sudah kita nyatakan tidak ada diversi," kata Syarief.    

Syarief juga mengatakan, kalau Kejari Jakarta Selatan sudah menerima berkas perkara lengkap atau P21 milik Agnes Garcia dalam kasus penganiayaan itu.

Menurut Syarief pihak dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) sedang melakukan penyempurnaan terhadap dakwaan milik Agnes Garcia.

"Mulai hari ini kami menerima yang bersangkutan sebagai anak yang berkonflik dengan hukum, dan kami mempersiapkan atau menyempurnakan surat dakwaan,” kata dia.

Baca Juga:Fakta Baru Kasus Mario Dandy Bertemu Amanda Meski Keberatan, Tidak Kenal Sosok Agnes Garcia dan David Ozora

Tidak lama lagi pihaknya akan menyerahkan berkas dakwaan ke pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Dan tidak lama lagi kami akan melimpahkan perkara ini ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," terangnya.

Dua tersangka kasus penganiayaan terhadao David dijerat dengan Pasal 355 KUHP, kecuali Agnes Garcia.

Polisi sejauh ini sudah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus Penganiaayaan David Ozora.

Dalam rekontruksi penganiayaan oleh Mario Dandy terhadap David Ozora memperlihatkan kalau Agnes Garcia sedang merokok. [Foto: Suara.com - Rakha]
Dalam rekontruksi penganiayaan oleh Mario Dandy terhadap David Ozora memperlihatkan kalau Agnes Garcia sedang merokok. (sumber: Foto: Suara.com - Rakha)

Mario Dandy Satrio alias MDS (20) sebagai pelaku utama, adalah anak dari mantan Pejabat Pajak Kemenkeu, Rafael Alun Trisambodo. Kemudian Shane Lukas alias SL (19) dan seorang Agnes Garcia, kekasih Mario Dandy.

Menurut Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, tiga tersangka itu diterapkan pasal penganiayaan berat dengan rencana terlebih dahulu.

"Pertama tersangka MDS, 355 KUHP subsider 354 Ayat 1 KUHP subsider 353 Ayat 2 KUHP subsider 351 Ayat 2 KUHP dan atau 76 C jo 88 UU perlindungan anak ancaman maksimal 12 tahun penjara. Tersangka SL yaitu 355 Ayat 1 KUHP jo 56 KUHP subsider 354 Ayat 1 jo 56 KUHP subsider 353 Ayat 2 jo 56 KUHP subsider 351 ayat 2 jo 76 C UU perlindungan anak," beber Kombes Pol Hengki.

Pasal tersebut diterapkan, usai penyidik melakukan pendalaman dan berdasarkan dari bukti-bukti yang yang didapat.

Disebutkan kalau penganiayaan tersebut memang terlebih dahulu dilakukan perencanaan oleh para tersangka.

Sementara itu, Agnes Garcia turut disangkakan pasal penganiayaan berat dengan direncanakan terlebih dahulu. Hanya saja khusus Agnes, kepolisian mengutamakan penanganan anak yang berkonflik dengan hukum, dan merujuk kepada pasal tentang perlindungan anak. (*)

Berita

Terkini

Bayar dengan lambaian tanganmu! Tencent, raksasa teknologi China, hadirkan sistem pembayaran revolusioner menggunakan telapak tangan. Inovasi terbaru dalam era digital!

Gaya Hidup | 18:59 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memasuki bursa cawapres! Pengakuan atas prestasi infrastruktur di Indonesia yang tak terbantahkan.

Berita | 17:11 WIB

Pemain naturalisasi Shayne Pattyanama dikabarkan cedera jelang FIFA Matchday. Bagaimana selanjutnya? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 14:20 WIB

Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani siap membeli MU dengan harga fantastis dan siap membayari hutang yang dimiliki klub ini,

Olahraga | 10:42 WIB

Erick Thohir memberkan bahwa hak siar Timnas diraih oleh MNC Group sepanjang 2023.

Olahraga | 10:16 WIB

Lionel Messi melanjutkan karirnya di klub Inter Miami

Olahraga | 10:05 WIB

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla pastikan akan datangkan pemain asing baru. Siapakah dia? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 10:00 WIB

Manajer timnas Indonesia Sumarji, mengkritik pedas Persija Jakarta karena belum melepas dua pemainnya yaitu Rizky Ridho dan Witan Sulaeman. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 09:30 WIB

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjelaskan bahwa kontrak hak siar dengan durasi waktu yang panjang dalam membantu promosi dan marketing timnas. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 08:20 WIB

Pelatih timnas Indonesia menilah bahwa Sandy Walsh adalah pemain yang sangat profesional. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 07:40 WIB

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis merinci ada 15 korban yang diselamatkan di sebuah rumah penampungan di Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Rabu (7/6/2023).

Metropolitan | 21:32 WIB

"Jadi tiang-tiang Stasiun LRT Velodrome menjadi tersangka terjadinya banjir," ujar Taufik.

Metropolitan | 21:24 WIB

Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengaku bakal fokus mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setelah Jakarta tak lagi menjadi ibu kota.

Metropolitan | 19:27 WIB

D tewas usai ditusuk di bagian dada sebelah kanannya oleh seorang oknum TNI berinisial J (27).

Metropolitan | 19:15 WIB

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Komisi D Yuke Yurike meminta agar Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono melakukan langkah nyata untuk menanggulangi masalah ini.

Metropolitan | 19:06 WIB

Verrell Bramasta hampir mustahil mempersatukan kedua orangtuanya lagi. Meski begitu, Verrell ingin kedua orangtua berdamai.

Gosip | 22:25 WIB

Beda dari pujian-pujian yang didapatnya kini, Putri Ariani dulu kerap diacuhkan atau hanya dihargai karena ketidaksempurnaannya.

Gosip | 21:51 WIB

Dalam sampul video terlihat gambar Nathalie Holscher yang tengah menangis didampingi oleh putra tirinya, Rizky Febian.

Gosip | 21:38 WIB

Karena Rieka Roslan tidak dibutuhkan dalam The Groove, ia merasa untuk apa pula lagu-lagu ciptaannya dinyanyikan band tersebut.

Gosip | 21:24 WIB

Lina Mukherjee pun bersikap kooperatif dengan mengikuti arahan penyidik untuk ikut tes psikologi.

Gosip | 21:10 WIB
Tampilkan lebih banyak