Mengenal Gamophobia, Ketakutan Ekstrim terhadap Pernikahan dan Dampaknya pada Kesehatan Mental

Takut menikah atau terlibat dalam hubungan serius? Mungkin kamu menderita gamophobia. Simak penjelasan tentang penyakit ini, dampaknya terhadap kesehatan mental dan kualitas hidup, serta cara mengatasinya dengan terapi kognitif perilaku dan terapi percakapan.

Ananda Saputra
Jum'at, 24 Maret 2023 | 13:15 WIB
Mengenal Gamophobia, Ketakutan Ekstrim terhadap Pernikahan dan Dampaknya pada Kesehatan Mental
Ilustrasi pernikahan, ((freepik.com/racool_studio))

SuaraCianjur.Id- Gamophobia adalah ketakutan ekstrim terhadap pernikahan atau pernikahan itu sendiri. 

Orang yang menderita gamophobia mungkin merasa takut untuk menikah atau terlibat dalam hubungan yang serius, dan mereka mungkin merasa cemas dan gelisah ketika berpikir tentang pernikahan atau acara pernikahan. 

Gamophobia bukan hanya masalah kecil, karena dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang dan kualitas hidupnya secara keseluruhan.

Menurut buku "Mental Health: A Person-Centered Approach" karya Nicholas Procter dan Helen Hamilton, "Gamophobia dapat menyebabkan seseorang merasa sangat sendirian dan merasa sulit untuk membentuk hubungan sosial yang kuat. Hal ini dapat mengarah pada perasaan depresi, kecemasan, dan kesepian yang berkepanjangan."

Baca Juga:Bhayangkara Siap Jegal Persib Bandung untuk Pastikan PSM Makassar Juara BRI Liga 1 2022/2023

Penderita gamophobia mungkin juga mengalami gangguan tidur, penurunan nafsu makan, dan peningkatan penggunaan obat-obatan atau alkohol sebagai cara untuk mengatasi rasa takut dan kecemasan yang mereka rasakan.

Namun, ada harapan bagi mereka yang menderita gamophobia. 

Terapi kognitif perilaku (CBT) dan terapi percakapan dapat membantu mengatasi ketakutan dan kecemasan yang terkait dengan gamophobia. 

Dalam terapi, individu belajar untuk mengidentifikasi pola pikir negatif dan perlahan-lahan menggantinya dengan pola pikir yang lebih positif dan sehat.

Dalam kesimpulannya, gamophobia adalah masalah serius yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang dan kualitas hidupnya secara keseluruhan. 

Baca Juga:Timeline Kronologi Patung Bunda Maria di Kulon Progo Ditutup Pakai Terpal

Namun, dengan bantuan terapi yang tepat, individu dapat mengatasi ketakutan mereka dan memulai perjalanan untuk membentuk hubungan yang sehat dan memuaskan. (*)

(*/Haekal)

Gaya Hidup

Terkini

Tragedi kereta di India: 288 korban tewas, penanganan jenazah kritik keras. Profesor unggah video viral, namun ada pembelaan untuk penyelamat.

Berita | 18:57 WIB

Pertemuan Anies dan SBY memicu spekulasi calon cawapres. AHY, putra SBY, disebut sebagai favorit. Ini bisa meredam ketegangan dan memperkuat koalisi. Kabarnya, Anies akan mengumumkan cawapresnya segera, menciptakan momentum politik yang kuat.

Berita | 18:50 WIB

Sultan Andara, Raffi Ahmad, sering mengundang selebriti internasional ke rumahnya, termasuk atlet sepak bola terkenal, Kaka. Kali ini, pertemuan itu spesial untuk putranya, Rafathar.

Berita | 18:26 WIB

Menkopolhukam Mahfud MD: fleksibel dan terbuka jadi cawapres? Tunggu keputusan dalam proses panjang menuju Pilpres 2024.

Berita | 18:03 WIB

Momen tak terlupakan: Seorang jamaah haji berusia 95 tahun meminta turun dari pesawat demi ayam peliharaannya. Kisah inspiratif yang menghangatkan hati.

Berita | 17:52 WIB

Megawati: Rahasia di balik peran 'petugas partai' Ganjar yang tak disangka-sangka.

Berita | 17:41 WIB

Aldi Taher dirujak netizen karena bertelanjang dada dan mengajak membaca surat al fatihah

Berita | 15:20 WIB

Drama heboh di Instagram! Dewi Perssik, atau yang lebih dikenal sebagai Depe, memunculkan kegemparan dengan mengungkap aib seorang artis berkedok wanita saleha. Siapa artis yang tersorot dalam kisah kontroversial ini? Nama Lesti Kejora dan Nissa Sabyan menjadi perbincangan hangat di media sosial

Berita | 15:03 WIB

Nikita menceritakan hal tersebut melalui Instagramnya, tentang bagaimana Lolly hampir merenggut nyawa karena sebuah insiden yang mengerikan

Berita | 14:26 WIB

Thomas Doll tegaskan dirinya incar pemain yang berkualitas. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 08:31 WIB

Anies mengaku mendukung Mitch Evans karena merupakan pemenang dari Formula E Jakarta 2022 lalu.

Metropolitan | 18:04 WIB

Anies meyakini Jakpro dan panitia penyelenggara tahun 2024 bisa mengambil keputusan terbaik untuk ajang balap mobil listrik ke depannya.

Metropolitan | 17:50 WIB

Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri hari pertama Formula E Jakarta 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

Metropolitan | 14:25 WIB

Kepada awak media, eks Gubernur DKI ini mengaku tak diundang hadir ke ajang balap mobil listrik internasional itu.

Metropolitan | 13:39 WIB

Menurut informasi yang diperoleh Suara.com, Anies sengaja untuk membeli tiket guna menyaksikan balap mobil.

Metropolitan | 12:57 WIB

Nikita Mirzani tak segan membongkar sederet kenakalan Lolly, anak sulungnya.

Gosip | 00:05 WIB

Meski diselingkuhi, Natalie Portman kabarnya tidak ada niatan untuk bercerai.

Gosip | 23:40 WIB

Apa yang dikatakan Raffi Ahmad juga mendapat dukungan dari banyak pihak.

Gosip | 23:05 WIB

Inara Rusli masih sering teringat kebaikan Virgoun sehingga tak tega jika mantan suaminya dihujat banyak orang.

Gosip | 22:20 WIB

Nikita Mirzani maki-maki orang yang bantu dan berhubungan dengan anaknya, Lolly.

Gosip | 21:10 WIB
Tampilkan lebih banyak