Selingkuh Bisa Sembuh atau Tidak? Ini Kata Psikolog Inez Kristanti

Di dalam percintaan pasti akan mengalami godaan buruk, salah satunya adalah pasangan yang selingkuh. Untuk yang memiliki pasangan pernah selingkuh, pasti akan bertanya-tanya apakah selingkuh bisa sembuh atau tidak. Berikut jawaban dari Inez Kristanti selaku Psikolog Klinis.

Fitriani
Jum'at, 31 Maret 2023 | 19:10 WIB
Selingkuh Bisa Sembuh atau Tidak? Ini Kata Psikolog Inez Kristanti
Psikolog klinis Inez Kristanti menjelaskan tentang apakah selingkuh bisa sembuh? Penjelasan tersebut dijelaskan di kanal Youtube Parentalk (Instagram)

SuaraCianjur.Id-Setiap momen yang berbaur selingkuh pasti ramai diperbincangkan juga disukai banyak orang, mulai dari film, dan percintaan kisah nyata.

Selingkuh itu berbeda dengan ketertarikan, maka dari itu jika kita tertarik dengan seseorang bukan berarti selingkuh.

“Kita perlu membedakan antara perselingkuhan dengan ketertarikan, kita bisa memutuskan tidak selingkuh dan setia sama pasangan. Tapi, sulit kita kendalikan adalah ketertarikan, dan tertarik bukan berarti selingkuh, karena komitmen masih sama pasangan,” ujar Inez Kristanti sebagai Psikologis Klinis. 

Tipe-tipe selingkuh ada beberapa, diantaranya yaitu selingkuh fisik maupun seksual sering terjadi dan gampang dilihat.

Baca Juga:Menjajal Pengalaman Unik di Confee Semarang, Nongkrong Seru di Container Box

Selingkuh emosional di mana tidak ada kontak fisik, tetapi sudah mulai curhat-curhatan yang mengarah ke perselingkuhan dan mulai ada perasaan.

Ada juga tipe selingkuh yang kognitif, di mana tidak ada kontak sama sekali tetapi terobsesi hingga kepikiran terus menerus. 

Selingkuh bisa muncul dari beberapa faktor, salah satunya dari individunya sendiri. Bagaimana pasangan kita menghargai komitmen, melihat kepercayaan satu sama lain, jiga mana yang dihargai atau tidak. 

Faktor lainnya untuk berselingkuh adalah situasi, jika situasinya mendukung dan hadirnya kesempatan maka dia akan berselingkuh.

Relasi atau kondisi hubungan antara pasangan resmi juga menjadi faktor, ketika sedang goyah dan kurang harmonis semakin membuka motivasi untuk berselingkuh. Tetapi, saat berselingkuh kita tidak bisa menyalahkan kekurangan pasangan.

Baca Juga:Profil Muzdalifah, Mantan Istri Penyanyi Dangdut Nassar yang Dipuji Setelah Lakukan Hal Ini

“Misalkan pulang bareng, dan direct massage dibalas. Tetapi, kita tidak bisa menyalahkan selingkuh itu salah pasangannya yang kurang perhatian, kurang berusaha di dalam hubungannya. Kita harus pisahkan juga relasi atau kondisi hubungannya menjadi salah satu faktor, tapi tetap yang membuat keputusan untuk berselingkuh dia,” jelas Inez.

Menurut Inez Kristanti, selingkuh itu bukan penyakit, bukan tentang bisa sembuh atau tidaknya. Selingkuh itu terkait pada kontrol diri, bagaimana seseorang bisa mengendalikan dirinya sendiri.

Selain itu juga, perselingkuhan akan dan/atau tidak akan terjadi lagi itu balik pada dirinya sendiri. 

“Selingkuh ada pada kendali kita, orang kita yang ngelakuin kok. Jadi, selingkuh itu sesuatu pola yang bisa diubah jika ada kemauan dan ada keinginan untuk mempertanyakan kepada dirinya sendiri knapa ia berselingkuh,” tutup Inez Kristanti. (*)

Sumber: YouTube Parentalk

(*/Haekal) 

Gaya Hidup

Terkini

Zalnando menyatakan bahwa kondisi dirinya saat ini masih ngilu. Dirinya tidak mau memaksakan. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 09:00 WIB

Jesse Lingard berikat petuah agar para pemain timnas Indonesia harus memiliki motivasi lebih saat lawan Argentina. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 08:20 WIB

Pakar sepak bola Vietnam sebut Liga Indonesia jauh di bawah V League. Netizen meradang. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 07:30 WIB

Marc Klok berikan pesan dan sangat berharap dukungan maksimal dari suporter dalam laga FIFA Matchday nanti. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 06:30 WIB

Pelatih Persija Thomas Doll beberkan alasan belum mengizinkan pemainnya gabung pemusatan latihan timnas. Hal ini membuat Shin Tae Yong geram. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 06:00 WIB

Ryan Kurnia merasa masih kesulitan mengikuti metode latihan yang diberikan oleh Luis Milla. Meski demikian dirinya tetap merasa bersyukur. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 20:11 WIB

Dalam peringkat klub terbaik, Persib Bandung dan Persija Jakarta ternyata lebih baik dari klub Lionel Messi saat ini, Inter Miami. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 19:40 WIB

Olivia Sumargo berikan izin Denny Sumargo untuk berpoligami asalkan....

Hiburan | 19:33 WIB

Erick Thohir jadikan Bhayangkara FC tempat untuk pemain muda. Netizen menilai harusnya buat liga usia muda. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 18:33 WIB

Video unik rombongan bule naik angkot dan mencari tempat surfing viral di media sosial. Vibes angkot berubah jadi surfer van yang estetik. Warganet memberikan komentar seru: "Beda vibes-nya! Seperti mau nguli ngecor" dan "Angkot jadi campervan keren kalo bule yang bawa."

Hiburan | 18:31 WIB

Pembukaan blokade baru bisa dilakukan tadi malam karena harus menunggu penyelesaian administrasi.

Metropolitan | 04:09 WIB

Dua tersangka dalam kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang atau TPPO ditangkap di tempat terpisah.

Metropolitan | 21:59 WIB

Kongres pertama Majelis Amanah Persatuan Kaum Betaw atau MAPKB ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono secara virtual.

Metropolitan | 21:13 WIB

Polda Metro Jaya telah menetapkan kakak beradik kembar Rihana dan Rihani sebagai tersangka dalam kasus penipuan modus iPhone murah.

Metropolitan | 20:21 WIB

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan, pihaknya berwenang mendengar keterangan soal dugaan tersebut karena Ancol merupakan mitra Komisi B yang mengawasi BUMD.

Metropolitan | 19:27 WIB

Raffi Ahmad dibanding-bandingkan dengan Tasyi Athasyia yang belakangan dikabarkan bersikap buruk ke karyawannya.

Gosip | 09:00 WIB

Menurut Ashanty, Arsy Hermansyah tak biasa dimakeup.

Gosip | 08:30 WIB

Diandra Marsha sejak kecil sudah akrab dengan Al, El, dan Dul.

Gosip | 08:15 WIB

Tante Ernie terakhir mengunggah foto di Instagram pada 26 Agustus 2022.

Gosip | 07:30 WIB

Kabar Tasyi Athasyia belum menggaji karyawannya trending di media sosial.

Gosip | 07:15 WIB
Tampilkan lebih banyak