Fenomena Partai Ganda di Satu Caleg, Kepentingan Politik atau Ambisi Individual?

Keberanian atau Keserakahan? Dedi Mulyadi dan Aldi Taher Menggandakan Peran Sebagai Caleg 'Double Agent' di Pemilihan Umum. Apakah Mereka Benar-benar Mewakili Kepentingan Rakyat atau Hanya Bermain Dalam Politik Dua Kaki?

Ananda Saputra
Minggu, 21 Mei 2023 | 16:03 WIB
Fenomena Partai Ganda di Satu Caleg, Kepentingan Politik atau Ambisi Individual?
Dedi Mulyadi menjadi caleg yang terdaftar di dua parpol, untuk caleg kenapa double partai?Kepentingan politik atau ambisi individua? (Instagram/@dedimulyadi71)

SUARA CIANJUR - Ada beberapa tokoh yang hingga saat ini terdaftar sebagai caleg melalui 2 partai politik (parpol) yang berbeda. 

Salah satunya adalah Dedi Mulyadi, seorang politikus yang sebelumnya menyatakan keluar dari partai Golkar dan memutuskan maju sebagai caleg Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). 

Namun, terdapat kejanggalan saat Golkar masih mendaftarkan Dedi sebagai caleg. Hal ini menimbulkan kecurigaan bahwa Golkar mungkin tidak ingin merugi, sehingga dengan terdaftar di dua tempat, Dedi dapat dianggap tidak memenuhi syarat dan berpotensi gagal dalam pencalonannya.

Tidak hanya Dedi Mulyadi, situasi serupa juga dialami oleh Aldi Taher, seorang bintang televisi yang tercatat sebagai anggota dan caleg dari Partai Bulan Bintang. 

Baca Juga:Pelajar SMP Joget-Joget Pamer Mobil Baru, Endingnya Nangis, Netizen: Dimarahin Mamak Lho!

Namun, baru-baru ini ia juga terdaftar sebagai caleg dari Partai Indonesia Solidaritas (Perindo). Kehadiran Aldi Taher di dua parpol yang berbeda ini menimbulkan pertanyaan mengenai niat dan motivasi di balik keputusannya. 

Apakah Aldi ingin memperluas basis pendukungnya dengan memanfaatkan dua partai yang berbeda, atau ada pertimbangan politik lain yang melatarbelakangi keputusannya tersebut?

Fenomena terdaftarnya sejumlah tokoh sebagai caleg melalui dua partai politik menunjukkan adanya celah dalam sistem pengawasan dan regulasi yang berlaku. 

Hal ini membuka peluang bagi para politikus untuk memanipulasi atau memanfaatkan kebijakan partai guna memperoleh keuntungan pribadi. 

Selain itu, situasi ini juga menimbulkan pertanyaan mengenai kredibilitas dan integritas para tokoh yang terlibat. 

Baca Juga:Model Baju Nagita Slavina Dinilai Mirip Celemek Jadi Gunjingan: Harganya Bisa Renovasi Dapur

Apakah mereka memang memiliki komitmen yang kuat terhadap partai politik yang mereka wakili, ataukah mereka hanya mencari kepentingan pribadi di dunia politik?

Ketidaktepatan atau ketidaktegasan dari partai politik dalam mengatasi kasus seperti ini juga menjadi sorotan. 

Sebagai institusi yang bertanggung jawab dalam merekrut dan menyeleksi calon anggota legislatif, partai politik seharusnya memiliki mekanisme yang jelas dan tegas dalam memastikan bahwa caleg yang mereka daftarkan memenuhi syarat dan memiliki komitmen yang kuat terhadap partai tersebut. 

Ketidaktegasan dalam menangani kasus-kasus seperti ini dapat merusak citra partai dan merugikan proses demokrasi secara keseluruhan. (*)

(*/Haekal)

Berita

Terkini

Nenek viral menyanyikan lagu India dengan suara merdu. Tamu undangan terpesona. Netizen ingin mendengarnya di pernikahan mereka. Adiktif!

Hiburan | 17:23 WIB

Relawan populer Ganjar Pranowo gelar deklarasi di SD Lampung, memperingati Hari Lahir Pancasila. Kontroversial, guru dipaksa jadi panitia tanpa makanan. @PartaiSocmed berbagi alamat lengkap. @bawaslu_RI merespons, akan koordinasi dengan pihak berfokus pada isu anak.

Berita | 17:09 WIB

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menegaskan bahwa pihaknya akan menegur klub yang belum melepas pemainnya ke timnas. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 16:40 WIB

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan bahwa hasil penjualan tiket laga lawan Palestina akan disumbangkan untuk rakyat Palestina. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 16:15 WIB

Asnawi Mangkualam sedang membuka peluang untuk bermain di K League 1. Akankah terjadi? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 15:30 WIB

Ricardo Kaka menilai bahwa atmosfir publik sepak bola Indonesia sangat menakjubkan. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 15:00 WIB

Bernardo Tavares menilai bahwa performa kepemimpinan wasit Thariq Alkatiri mengecewaka. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Olahraga | 14:24 WIB

Mahasiswi Pontianak, Fira (20), bikin terobosan unik: jasa cabut uban! Buka setiap Sabtu-Minggu, tarif Rp 25 ribu/jam. Buktikan keahliannya! @cabutuban_pontianak

Hiburan | 14:00 WIB

Mahfud MD menolak jadi cawapres Anies Baswedan, merasa tidak diterima dalam koalisi perubahan. Alasan: tak ingin pecah dan ganggu peluang Anies.

Berita | 13:27 WIB

Moment tak terlupakan di Java Jazz Festival 2023! Ariel NOAH tampil memukau, duet romantis dengan BCL membuat penonton histeris, minta encore!

Berita | 13:13 WIB

Dubes AS Sung Y Kim menyatakan bersedia membuka penutup jalur pedestrian yang selama ini memblokade trotoar di depan Kantor Kedubes.

Metropolitan | 20:13 WIB

"Dia telah melakukan aksi yang sama sejak umur 14 tahun sampai dengan sekarang sebanyak 30 kali di Jakarta dan sekitarnya," ujar Vokky.

Metropolitan | 18:49 WIB

Wiwik mengakui terdapat animo dan aspirasi masyarakat yang ingin menggunakan kembali trotoar tersebut.

Metropolitan | 18:47 WIB

Keterangan saksi mata diduga akibat ledakan gardu listrik."

Metropolitan | 15:47 WIB

Ketua Koalisi Pejalan Kaki Alfred Sitorus mengungkapkan, sudah memprotes blokade trotoar tersebut.

Metropolitan | 15:21 WIB

Momen Indra Herlambang bareng artis Korea seru banget sampai bikin iri

Gosip | 20:10 WIB

Eva Manurung bersyukur Virgoun sudah bisa membelikan barang-barang yang diinginkan dirinya.

Gosip | 20:00 WIB

Elnaaz memulai kariernya sejak usia 15 tahun.

Gosip | 19:52 WIB

Warganet merasa kasihan dengan Rebecca Klopper yang dinilai sebagai korban dalam kasus viralnya video syur 47 detik.

Gosip | 19:50 WIB

Permintaan maaf Rebecca Klopper juga seakan menggambarkan kalau hubungannya dengan Fadly Faisal masih baik-baik saja.

Gosip | 19:40 WIB
Tampilkan lebih banyak